Tips Memilih Susu Formula Untuk Si Kecil

Orang mana sih yang tidak ingin anaknya tumbuh sehat? Pastinya semua orang tua menginginkan hal itu. Ketika bayi sudah lahir, asupan terbaik untuknya adalah ASI. Karena pemberian ASI pada si kecil sangat dianjurkan oleh peneliti kesehatan dunia (WHO). Pemberian ASI ekslusif pada si kecil biasanya hingga usia 6 bulan, setelah itu dilanjutkan dengan makanan pendamping asi secara perlahan sampai si kecil berusia 2 tahun. Namun terlepas dari hal itu, tidak semua ibu tidak dapat mengeluarkan asi dengan lancar. Terdapat beberapa faktor masalah seperti si ibu memiliki masalah mengenai produksi ASI, begitupun dengan anak yang menolak ASI karena bayi memiliki alasan medis.  

Jika hal itu terjadi kepada anda, anda dapat menggunakan alternative seperti mengkonsumsi susu fomula (sufor). Saat ini sudah banyak jenis dan merek susu formula anak yang dapat anda gunakan. Dalam pemilihannya, pastikan anda memilih susu yang tepat ya Moms, yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan si buah hati. Jika anda masih bingung mengenai susu formula anak, berikut tips untuk memilih susu formula yang tepat :

  • Susu Formula Terbuat dari Susu Sapi

Berikanlah si kecil susu formula yang terbuat dari susu sapi, karena susu sapi memgandung sebuah protein yang tidak jauh dari ASI. Kandungan susu sapi lebih mudah untuk dicerna dan tidak memiliki efek samping pada si bayi jika berikan saat si bayi sedang lapar.

  • Susu Formula Terbuat Dari Susu Soya

Sebagian besar bayi tidak dapat mencerna kandungan dari susu sapi, karena susu sapi memiliki intoleransi laktosa yang dapat menyebabkan bayi anda muntah dan kembung. Oleh karena itu, anda dapat memberikan susu soya sebagai penggantinya. Namun dalam mengkonsumsi susu soya, anda juga harus ikuti anjuran dokter terlebih dahulu karena kebutuhan bayi berbeda-beda.

  • Susu Formula Untuk Alergi

Sebagian besar anak memiliki alergi pada kandungan susu sapi dan soya. Jika hal itu terjadi pada anak anda, anda dapat memberikan susu formula yang memang dikhususkan untuk mengatasi alergi pada pencernaan si bayi. Susu formula alergi ini mengandung probiotik atau bakteri baik untuk menjaga pencernaan bayi anda. Jika anda ingin menggunakan susu khusus alergi ini, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Agar diberi anjuran susu alergi mana yang tepat untuk anak anda.

Itulah tips yang dapat Moms pertimbangkan untuk memilih susu yang tepat. Sebaiknya anda memilih sufor yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan bayi anda. Namun terlepas dari itu jika susu ASI anda berfungsi dengan baik, sebaiknya anda memberikan ASI kepada bayi anda hingga bayi anda berusia 6 bulan. Lalu ketika si bayi sudah berusia 6 bulan, anda dapat memberikannya (MPASI) seperti bubur tim dan sufor. Kerena susu formula juga memiliki nutrisi makro seperti protein, lemak, serta karbohidrat untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati.

Kita sebagai ibu harus mengiringi dan memperhatikan tumbuh kembang anak ya Moms, begitu pula dalam pemilihan susu formula yang mengandung banyak nutrisi dan manfaatnya bagi pertumbuhan si buah hati. Susu formula pada umumnya baik untuk bayi anda yang telah berusia lebih dari 6 bulan, karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena sufor dapat mendukung tumbuh kembangan sang buah hati dan mejaga kesehatannya luar dan dalam. Oleh karena itu sebaiknya anda harus memahami terlebih dahulu kandungan yang terdapat di susu formula dan manfaat untuk tubuhnya. Simak yuk apa saja kandungan dan manfaatnya !

  • AA (arachidonic acid)

Kandungan ini ialah asam lemak tidak jenuh, yang penting untuk saraf pusat. Kandungan ini adalah zat yang sanagt penting dalam proses pembentukan jaringan otak dan perkembangan otak loh Moms.  Selain untuk perkembangan otak zat ini juga berfungsi untuk perkembangan syaraf mata, lalu juga untuk membantu sistem imun sang buah hati.

  • DHA (docosahexaenoic acid)

Kandungan ini memiliki kandungan yang sama dengan AA yang berfungsi untuk perkembangan otak dan penglihatan si buah hati. DHA dapat membentuk lemak pada bagian otak yang mampu membentuk kecerdasan otak. AA dan DHA memiliki banyak manfaat dalam satu kandungan sufor, jadi diasarankan untuk membeli sufor yang memiliki kedua kandungan ini ya Moms.

  • LA (linoleic acid)

Kandungan ini adalah salah satu asam lemak yang memiliki manfaat yang sama dengan AA dan DHA yang dapat membantu perkambangan otak anak. Namun kandungan ini lebih spesifik ke mendukung perkembangan otak anak dalam perkembangan mental dan proses berpikirnya.

  • Omega 3 dan 6

Kandungan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh si kecil, karena kandungan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi buah hati anda. Kandungan omega 3 dan 6 memiliki fungsi yang saling berkaitan, keduanya memiliki fungsi untuk menjaga rambut, kulit, kuku serta hormone. Perlu di perhatikan bahwa asupan dari keduanya juga harus seimbang ya Moms.

Masih banyak kandungan yang terkandung dalam susu formula beserta manfaatnya seperti prebiotik, probiotik, dan lain sebagainya. Sebaiknya jika anda ingin lebih mengetahui lebih lanjut, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena dapat mengetahui mana kandungan yang baik untuk kebutuhan anak anda.

Lalu anda juga dapat membeli susu formula anak pada toko perlengkapan bayi online kanlaku.com yang menyedikan banyak pilihan susu formula yang memiliki merek ternama dan terpecaya. Tunggu apa lagi Moms? Yuk mulai belanja kebutuhan anak anda di kanlaku.com

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like