Susu Formula Bayi Pilihan

Moms, susu formula adalah alternative yang dapat diberikan oleh bayi. Namun tetap disarankan pemberian ASI secara ekslusif kepada bayi anda ya moms, karena ASI difungsikan sebagai makanan yang terbaik untuk sang buah hati. Walaupun beberapa ibu memang memiliki masalah pada ASI seperti ASI tidak keluar dengan lancar. Maka dari itu susu formula adalah alternative pengganti untuk memenuhi asupan sang bayi.  

Memilih susu formula untuk si kecil yang masih berusia dibawah 6 bulan memang tidaklah mudah. Bayi yang berusia dibawah 6 bulan tidak boleh mendapatkan asupan yang sembarangan, begitu pula dengan susu formula yang harus di perhatikan merek dan kandungannya. Dalam memilih susu formula yang tepat anda dapat memilih melalui website kanlaku.com, karena disana Moms akan dibantu dengan berbagi macam pilihan susu formal yang aman dan terpercaya.

Sebagai seorang ibu, anda harus lebih selektif dalam pemilihan kebutuhan sang buah hati terutama susu formula. Apa saja kandungannya ? Bagaimana kelayakan pemakaiannya? Dan lain sebagainya. Maka dari itu mari kita bahas agar Moms lebih mengetahui beberapa hal mengenai susu formula pada bayi.

Pada dasarnya susu formula mengandung kumpulan nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral. Namun susu formula mana yang cocok untuk bayi baru lahir? Nah Moms, anda harus memperhatikan terlebih dahulu saat ingin membeli susu formula, apakah sudah tercatat bahwa susu tersebut cocok untuk bayi yang berusia 0-6 bulan? menurut situs alodokter.com  susu yang cocok untuk bayi baru lahir adalah susu sapi, karena susu sapi memiliki 2 jenis protein yang disebut whey dan casein.

Jenis whey cocok untuk bayi yang baru lahir karena jenis itu mudah dicerna. Namun jika ada susu yang memiliki komposisi whey dan casein juga tidak apa. Tetapi perlu diperhatikan komposisi whey harus lebih besar dari casesin, dengan rasio 60:40. Karena rasio tersebut setara dengan kandungan protein dari ASI. Memang sedikit rumit, namun demi kesehatan bayi anda, anda harus tetap teliti bukan?

Diketahui bahwa bayi membutuhkan 90-120 ml susu asi maupun susu formula setiap pemberian selama 1 bulan pertama dan akan terus meningkat 30ml di setiap bulan berikutnya. Jika anda sudah memahami mengenai kandungan dari susu formula, anda dapat mulai mengkonsumsinya sampai bayi anda berusia satu tahun. Jika selama pemakaian bayi anda memiliki keluhan seperti diare, lemas, dan muntah, anda harus segara konsultasikan ke dokter agar dapat diberikan rekomendasi merek susu baru yang cocok dengan bayi anda. 

Nah Moms, jika anda seorang ibu yang memberikan susu formula untuk bayi anda apalagi untuk bayi yang baru saja lahir, anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini ya :

  • Jaga Kebersihan Botol Bayi

Moms, kebersihan botol adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Karena jika botol susu tidak dibersihkan asal akan menyebabkan botol akan tepapar oleh kuman dan bakteri. Bukan hanya botol nya ya Moms, tapi perhatikan juga dot dan tutup nya. Hal ini membuktikan bahwa memang susu ASI lebih steril daripada susu formula.

Cara membersihkan botol bayi dengan benar, anda dapat membersihkannya dengan cuci botol dengan sabun terlebih dahulu, lalu kemudian direndam dengan menggunakan air panas. Agar lebih bersih anda dianjurkan untuk menggunakan sikat botol ya Moms,   Cara ini dilakukan baik sebelum atau sesudah pemakaian, agar dipastikan ke-sterilannya.

  • Gunakan Botol khusus untuk susu formula bayi

Botol susu yang direkomendasikan adalah yang berlabel BPA-free yang berbahan plastik, bahan tersebut dipastikan aman untuk bayi. Jadi sangat penting juga ya Moms, untuk memilih botol bayi.

  • Perhatikan cara pembuatan susu yang benar

Pertama-tama anda harus mencuci tangan agar tangan anda bersih dan steril sebelum memegang botol susu. Lalu saat ingin membuat susu anda harus mengikuti petunjuk sesuai yang ada pada box kemasan susu tersebut, agar susu tidak terlalu kental atau terlalu encer. Lalu selalu gunakan air yang bersih ya Moms.

  • Perhatikan penyimpanan susu formula

Jika susu yang diminum bayi tidak habis, biasanya batas waktu penyimpanan maximal 1 jam. Jadi jika susu tersebut memiliki tanda-tanda basi, sebaiknya dibuang saja. Karena memungkinkan ada bakteri yang telah mengkontaminasi susu tersebut dan bahaya jika masuk ketubuh bayi.

  • Perhatikan pembelian pada susu

Saat ingin membeli susu formula bayi, yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah tanggal kadaluwarsanya. Lalu perhatikan keutuhan kemasannya, pastikan tidak rusak dan ada yang terbuka sedikitpun. Setelah sudah di pastikan bahwa susu formula tersebut aman, anda dapat simpan susu formula tersebut di tempat yang sejuk, karena jika anda menyimpan ditempat yang panas atau dingin akan menyebabkan nutrisi yang terkandung pada susu akan berkurang.

Namun terlepas dari itu, sebaik-baiknya Kandungan susu formula tidak bisa menandingi kandungan ASI. Susu formula adalah alternative bagi anda yang tidak bisa memberikan ASI ekslusif kepada bayi. Tapi anda jangan khawatir ya Moms, seperti yang sudah dijelaskan bahwa asi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Jika ingin membeli susu formula bayi, anda dapat memesan melalui toko perlengkapan bayi dari kanlaku.com. kanlaku.com menyuguhkah perlengkapan bayi termasuk susu formula khusus bayi, yang aman dan terpercaya dari Brand yang terkenal. Moms dapat berbelanja tanpa khawatir akan produk susu formula yang akan anda pilih, jadi tunggu apa lagi? Yuk belanja di kanlaku.com!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like