Jualan Susu Bayi Online

Ide bisnis bisa muncul dari mana saja termasuk dari makhluk kecil mungil bernama bayi dan anak ana karena itu Pada era ini maraknya toko susu yang mendadak bertebaran di kota kota besar bahkan sampai di kota kota kecil di Indonesia. Karena susu merupakan makanan pokok untuk bayi, menujual susu merupakan salah satu bisnis yang menjanjjkan pada saat  ini. Susu sudah jadi salah satu kebutuhan primer bayi selain sandang, pangan dan papan. Bayangkan saja, hampir semua bayi susu walau bisa dengan Asi akan tetapi ada beberapa bayi tidak dapat di susui dengan Asi dan di gantikan dengan susu formula untuk balita pun lepaas dari ASI biasanya mereka akan sering mengonsumsi susu formula. Secara rasio, keuntungan toko susu secara rasio tidal lah besar namun jangan kaget dengan hasil akhirnya.

Perlu anda ketahui bahwa keuntungan menjual susu tidak lah besar, anda hanya bisa mengambil margin yang kurang lebih 5 sampai 8 Persen, dan mengingat tanggal kadaluarsa susu bayi yang hanya kurang lebih 2 tahun dari tanggal produksi. Biasanya customer juga tidak mau jika tanggal kadaluarsa susu sudah 6 bulan mendekati kadaluarsa. Para produsen susu biasanya juga menjanjikan jika susu yang sudah kadarluarsa bisa di tukar kembali akan tetapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku misalnya untuk pembelian 30 kaleng susu kita dapat menukarkan 5 susu yang telah kadarluarsa. Toko susu yang marak pada saat ini pastilah berbentuk kios atau toko di ruko jarang sekali bahkan hampir tidak ada toko susu di rumahan atau kaki lima, mungkin karena untuk meingkatkan kepercayaan pembeli. Di lihat dari segi keuntungan dan resiko nya maka dari itu anda harus lah cermat dalam usaha menjual susu. Pada saat ini jaman sudah di penuhi dengan penjualan online di samping anda tidak perlu menyewa kios atau ruko untuk membuka toko, market pada penjualan online pun sangat besar pada saat ini. Ada dapat pun berjualan di situs situs atau aplikasi seperti kanlaku.

Mari kita ulas keuntungan berjualan online dan tips untuk memajukan penjualan anda secara online.

1. Hemat Biaya

Jika kamu saat ini sudah memiliki toko offline dan menghabiskan sekian rupiah hanya untuk membayar biaya sewa tokonya saja, maka kamu mulai harus memikirkan dalam membuat toko online. Bukan cuma dapat meningkatkan bisnis kamu, tapi dengan adanya toko online kamu juga dapat menghemat biaya.

Salah satu keuntungan memiliki eCommerce adalah karena biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. Sedangkan untuk toko offline fisik, kamu harus membayar sekian rupiah untuk menyewa satu toko saja, which is tokonya bukan milik pribadi. Dan juga biasanya pihak pemilik akan dengan seenaknya menaikkan harga untuk biaya lain-lainnya seperti uang perawatan, kebersihan dan masih banyak lagi. Toko fisik juga memerllukan biaya lain untuk membayar karyawan yang menjaga toko tersebut dan memastikan produk yang kamu miliki baik-baik saja.

Sedangkan untuk toko online kamu hanya perlu membayar sekitar 40 juta per tahun untuk “menyewa” toko online yang juga biasanya sudah termasuk domain, hosting, design dan lainnya. Untuk masalah design, semua tergantung dari tipe toko online apa yang ingin kamu buat. Jika kamu adalah seorang dropshipper maka kamu tidak perlu untuk menyimpan banyak stok barang, dan uang kamu akan terkumpul lebih banyak untuk hal yang lain. Logo toko kamu lebih terjangkau ketimbang membuat tanda di toko offline. Biaya bisnis kamu secara umum akan lebih murah jika terjun ke toko online.

2. Potential Income

Salah satu keuntungan memiliki toko online adalah bahwa toko online selalu buka alias tidak pernah tutup. Dengan iklan yang kamu pasang di sosial media seperti Facebook, kamu bisa menarik pelanggan bahkan saat jam dini hari. Biasanya, toko fisik offline hanya buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam saja. Dengan selalu hadir setiap jam dan setiap saat, kamu bisa menarik orang-orang yang biasanya hanya bisa membeli ketika toko masih buka. Kamu juga bisa menarik pelanggan yang sangat sibuk atau seseorang yang tidak bisa belanja langsung ke toko.

Dan perlu diingat juga, jika ada pembeli yang belanja tengah malam, kamu tidak perlu kerepotan untuk mempekerjakan karyawan dengan shift malam. Menguntungkan, bukan?

3. Mudah Untuk Menampilkan Bestsellers

Keuntungan memiliki eCommerce adalah kamu bisa dengan mudah menampilkan produk terbaik dari brand yang kamu miliki, sehingga hal ini tentu saja mempermudah pelanggan untuk melihatnya. Alasan utama mengapa pelanggan akan lebih memilih membeli produk di kategori “best seller” adalah akrena produk tersebut sudah terbukti bagus. Pelanggan lain yang pernah membeli produk tersebut merasa senang dengan pembeliannya. Jika kamu ingin menunjukkan produk baru untuk pelanggan kamu bisa membuatnya melakukan upsell, seperti email marketing atau retargeting ads.

4. Mempermudah Proses dengan Banyaknya Pesanan

Jika kamu memilih untuk melakukan “dropship”, kamu dapat memproses banyaknya jumlah pesanan dengan mudah. Seiring berkembangnya bisnis kamu, kamu dapat memilih untuk mempekerjakan karyawan agar mempermudah mengelola pesanan yang ada. Di toko offline (fisik), antrian panjang bisa membuat kamu kehilangan pelanggan.

Dengan toko online, tidak ada jeda waktu untuk menunggu. Seorang pelanggan bisa menempatkan pesanannya sesuka hati tanpa keterlambatan, dengan begitu kamu bisa memesan banyak produk dari brand yang berbeda dalam sekali waktu.

5. Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

Sebagian orang akan malas untuk datang ke toko dan berinteraksi dengan karyawan toko. Beberapa karyawan pasti diajarkan tentang bagaimana melakukan sales promotion dengan cara direct selling. Dan tentu saja, tidak semua pelanggan menyukai hal tersebut. Itulah mengapa belanja online dapat menjadi pilihan bagi orang yang malas berinteraksi dengan karyawan toko, karena kamu bisa memilih sesuka hati barang yang kamu suka sampai akhirnya kamu membeli barang tersebut. Jika seorang pelanggan ingin berkomunikasi dengan pemilik toko, mereka tinggal mengklik fitur “live chat” pada website, atau bisa juga dengan mengirimkan pesan di Facebook.

6. Bisa di urus sendiri

Menjalankan bisnis online bisa Anda lakukan sendiri atau bersama keluarga saja. Anda bisa mengurusnya tanpa bantuan karyawan atau tenaga kerja. Kecuali bisnis online Anda sudah berkembang pesat dan Anda ingin membuatnya menjadi suatu perusahaan. Jika demikian, Anda baru akan membutuhkan orang lain untuk membantu mengelola bisnis Anda.

Beberapa tips bisa saya sampaikan untuk memajukan penjualan Anda adalah sebagai berikut:

1. Sistem Teknologi Informasi (TI) yang Anda gunakan harus bisa menampung data para pelanggan, sistem dapat mengetahui data para pelanggan Anda secara detail sehingga dengan data ini Anda akan dapat dengan mudah menghubungi para pelanggan, berkomunikasi, memberikan informasi terbaru dari toko, mengirim newsletter,memberikan tips tentang parenting, menginformasikan produk sesuai umur bayi saat umur bertambah, memberikan promosi khusus, memberikan hadiah kepada pelanggan, mengirim ucapan terima kasih berupa email/SMS setelah pelanggan belanja, mengirimkan ucapan ulang tahun dan perayaan lainnya, mengundang acara pengenalan produk/seminar dan manfaat lainnya. Anda bisa meminta data pelanggan dengan menawarkan sistem keanggotaan, mengisi formulir pelanggan, memberikan hadiah khusus dengan mengisi formuilir dan cara lainnya.

  • Dengan dibantu sistem TI, Anda harus sudah bisa mengelompokkan kategori pelanggan dalam satu database. Dimulai dari kategori yang BAGUS, yaitu yang selalu membeli produk secara rutin, pelanggan tersebut selalu merespons semua penawaran Anda, selalu mereferensikan ke kerabatnya untuk membeli produk Anda. Ia membantu Anda dalam memasarkan produk Anda, ia mempunyai rasa memiliki, ingin toko Anda maju dan terus bertumbuh.
  • Anda bisa mengupload produk-produk dari inventory sistem Anda secara terintegrasi dengan toko online Anda atau menjualnya di marketplace seperti kanlaku.com dll secara sistem sehingga tidak satu per satu produk. Dan toko online Anda bisa sinkron dengan daftar inventori di sistem Anda, sehingga membuat pelanggan nyaman. Dengan sistem TI ini Anda juga bisa membuat katalog/brosur secara rutin.
  • Penting juga, Anda harus selalu membackup data sistem TI Anda, karena semua proses penjualan Anda sudah terintegrasi di sistem. Dengan ada backup database secara rutin, Anda merasa aman karena jika ada kerusakan sistem, akan dengan cepat memulihkannya sehingga bisnis tidak terhenti lama. Gunakan jasa maintenance secara rutin untuk sistem TI Anda.

Dan banyak hal lagi yang bisa Anda manfaatkan untuk sistem TI membantu meningkatkan penjualan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Toko Perlengkapan Bayi

Toko Perlengkapan Bayi saat ini bukan saja menjadi destinasi bagi Calon Ibu akan tetapi mulai meluas jangkauannya kepada calon ayah dan kawula muda...